dari sinilah sipilkusipilmu akan berbagi tutorial sketchup bahasa indonesia cara mengenal menu awal google sketchup. agar kita bisa lebih jelas dalam mempelajari atau mengenal menu awal google sketchup.
1. FILE
New
Adalah tab untuk membuat file baru. Atau membuka lembar baru google sketchup. Jika kita memilih new akan keluar konfirmasi apakah file lama kita akan disimpan atau tidak.
Open
Untuk membuka file yang pernah kita buat sebelumnya. Menu ini akan berguna jika kita lupa dimana kita menyimpan file sketchup kita.
Save
Untuk menyimpan file yang sedang kita kerjakan atau bisa dengan menekan CTRL+S.
Save As
Menyimpan file dengan nama yang baru.
Save As Template
Untuk menyimpan setelan awal sketch up kita, jika kita sudah cocok dengan setelan template maka saya sarankan untuk menyimpan template tersebut, agar pada saat kita membuka sketchup lagi sudah pada template favorit kita.
Send To Lay Out
Untuk mengirim/mengekspor file kita ke format layout 3. Sebelum mengirim ke layout akan keluar konfirmasi bahwa file kta harus disimpan terlebih dahulu.
Preview In Google Earth
Untuk menampilkan 3D modelling kita dalam google earth.
Building Maker
Untuk menambahkan bangunan dengan download dari 3D Warehouse.
3D warehouse
Sama seperti Building maker, hanya disini kita akan diarahkan ke halaman awal 3D warehouse.
Import
Untuk memasukkan file selain sketchup, atau file yang buka berekstensi .skp. Kita bisa mengimpor file dari 3ds, Collada, FBX dll. Untuk mengimpor file cukup mudah, anda hanya tinggal klik menu import, pilih file extensionnya, dan pilih file anda dari lokasi penyimpanannya.
Export
Kebalikan dari Import. Eksport untuk untuk menyimpan file sketchup kita selain .skp. Dalam menu export terdapat 3 pilihan export ke gambar, 3D model, section slide dan Animation
3D model : untuk export (merubah extensi file selain .skp) disini tersedia untuk export ke dalam collada,googl eart file, dwg, dxf, fbx, obj, vrml, dan xli file.
Section slide : untuk export hasil potongan section cut ke dalam autoCAD, export type ini hanya akan menghasilkan gambar potongan 2D
Animation : Untuk mengeluarkan gambar animasi walkthrough. Animasi ini dibuat berdasar kombinasi beberapa scene yang telah kita buat. Output animasi juga bisa diatur dari sisi scene transition dan scene delaynya saja.
Print Set Up, Print Previw & Print
Pengaturan tampilan print out
Generate Report
Untuk melaporkan bugs dll.
Dan tab dibawahnya adalah file-file sketch up kita yang pernah kita buka sebelumnya.
2. EDIT
Undo & Redo
Sepertinya kita semua tahu fungsi dari tab ini. Bisa dengan CTRL+Z & CTRL+Y.
Cut
Hampir sama fungsinya dengan delete.
Copy, Paste & Paste in Place
Untuk menggandakan objek. Copy bisa juga kita lakukan dengan menggunakan fungsi MOVE lalu kita tekan CONTROL. Mak akan secara langsung objek akan digandakan.
Delete Guides
Untuk menghilangkan/menghapus garis bantu, biasanya menggunakan tape meassure tool
Select All
Untuk memilih/menyeleksi semua objek atau semua model 3d sketchup kita
Select None
Kebalikan Select All, untuk melepaskan semua objek yang sudah kita seleksi
Hide
Menyembunyikan Objek
Unhide
Memunculkan Objek. Disana ada Unhide All untuk mengeluarkan objek yang disembunyikan, Unhide Last Mengeluarkan objek terakhir yang disembunyikan, dan Unhide Selected untuk mengeluarkan objek menurut seleksi.
Lock
Untuk mengunci objek agar tidak dapat diedit. Biasanya untuk menjaga ketidaksengajaan. Jika objek yang sudah ter-Lock akan berwarna merah jika diseleksi.
Unlock
Kebalikan dari Lock, untuk membuka objek yang telah kita kunci. Disana ada unlock selected dan unlock all. Fungsinya sama sesuai dengan menunya.
Make Component
Membuat objek menjadi component. Biasanya digunakan jika objek tersebut bersifat mirror dan berjumlah banyak. Bisa juga dilakukan dengan select objek dan klik kanak lalu pilih Make Component
Edit Component
Edit component yang sudah dibuat, bisa dilakukan juga dengan double klik pada objek.
Close Group Component
Keluar dari pengeditan component model 3d pada sketchup
Intersect Face
Menghubungkan 2 objek atau lebih. Bisa juga dilakukan dengan klik kanan lalu pilih Intersect Face
No Selection
Jika kita menyeleksi objek tertentu, maka tab ini aka berisi informasi tentang objek yang kita seleksi. Bisa juga untuk melakukan grouping, componet, intersect face, dll.
3. VIEW
Berisi tool-tool editing sketch up dengan fungsinya masing. Mulai dari drawing, view, shadow dll
Scene Tab
Untuk menampilkan tab scene, jika kita membuat scene tertentu untuk beberapa view.
Hidden Geometry
Untuk menampilkan atau menghilangkan geometri dari objek-objek lengkung.
Section Cuts
Menampilkan dan menghilangkan tab section cuts
Axes
Menampilkan dan menghilangkan sumbu x, y, z dalam sketchup dan tampilan modeling. Biasanya garis yang berwarna merah, hijau dan biru.
Shadow
Menampilkan cahaya matahari live. Disini kita bisa mengatur pecahayaan yang kita butuhkan atau pencahyaan yang kita inginkan. Menu shadow ini juga berpengaruh pada pencahayaan pada vray sketchup.
Fog
Jika fog diaktifkan, maka area modelling akan tampak seperti berkabut.
Edge Style
Merubah atau menambah opsi lain dari garis tepi modeling kita.
Face Style
Merubah tampilan modeling kita, mulai dari xray, monochrome, wideframe, dll.
Component Edit
Opsi-opsi lain untuk mengedit component
Animation
Pengaturan scene/camera, baik itu untuk slide maupun animasi
4. CAMERA
Previous & Next
Fungsi menu ini sama pada umumnya camera.
Standart Views
Menampilkan tampilan atas, bawah, depan, belakang, samping kanan dan samping kiri. Tampilan depan adalah sumbu x dan y atau garis biru dan merah.
Paralel Projection
Biasanya menu ini digunakan jika jika mempunyai kendala dengan ruang sempit.
Perpsektif
Menampilakan tampilan perspektif atau tampilan 3D
2 Point Perspektif
Tampilan perspektif yang hanya memanfaatkan 2D
Match New Foto
Digunakan jika kita ingin melakukan modeling dengan meniru gambar-gambar tertentu. Kita bisa melakukan modelling dengan sketchup berdasarkan gambar atau foto yang kita punya dengan memanfaatkan menu ini dengan baik.
Orbit
Memutar layar, biasanya dengan shortcut "O"
Pan
Menggeser tampilan tanpa mengubah posisi Perspektif, biasanya menggunakan shortcut "H"
Zoom
Memperbesar tampilan modeling kita, bisa juga dengan shortcut "Z"
Field Of View
Memperbesar sudut pandang terhadap model. Tapi jangan terlalu besar dalam memberikan input pada menu ini. Karena akan mengakibatkan view kita tidak proporsional.
Zoom Window
Memperbesar tampilan dengan melakukan seleksi pada objek tertentu yang ingin diperbesar.
Zoom Extends
Memperbesar tampilan secara konstan
Possisition Camera
Menempatkan sudut pandang pada titik titik tertentu sesuai dengan view yang diinginkan
Walk
Melakukan tour sederhana layaknya berjalan
Look Around
Memutar view tanpa harus merubah titik camera
5. DRAW
Line
Untuk membuat Garis
Arc
Untuk membuat objek lengkung
Freehand
Menarik garis dengan bebas
Rectangle
Membuat persegi
Circle
Membuat Lingkaran
Polygon
Membuat Segi 5, segi enam, segi 7 dll
Sandbox
Tool untuk memudahkan membuat organic model
6. TOOLS
Select
Untuk memilih objek, cukup dengan klik kiri. Ada 3 macam klik.
1. Klik 1 kali untuk menyeleksi 1 bidang saja
2. Klik 2 kali untuk menyeleksi bidang beserta garis tepinya
3. Klik 3 kali untuk menyeleksi semua objek yang bersentuhan langsung
Eraser
Untuk menghilangkan objek atau garis. Bisa juga dengan shortcut "E"
Move
Memindahkan objek dari satu tempat ke tempat lain yang telah ditentukan
Rotate
Memutar/merotasi model
Scale
Memperbesat ukuran model dengan skala.
Push/Pull
Melakukan editing extrude
Follow me
Membuat objek tertentu dengan mengikuti garis bantu yang telah ditentukan
Offset
Menggandakan garis tertentu dengan ukuran yang lebih kecil tapi dengan model yang sama
Outer Shell
Menyatukan 2 bidang (atau lebih) yang bersentuhan secara langsung
Solid Tools
Berisi tool-tool editing konstan, penggabungan, pemotongan, pemisahan, dll
Tape Meassure
Garis Bantu yang digunakan untuk mempermudah melakukan modeling
Protactor
Garis bantu yang berfungsi jika kita ingin melakukan copy rotate
Axes
Memindah sumbu x, y, z pada titik yang ditentukan
3D Text
Membuat text dalam bentuk 3D secala langsung dengan format font yang telah disediakan
Section Plane
Berfungsi jika kita ingin melakukan potongan-potongan pada model yang telah kita buat
Artisan
Salah satu plugin untuk melakukan organic modeling
Freedo
Pulgin untuk memberikan round corner, sharp corner dan bevel pada objek
Interact
Melakukan interaksi tanpa berpengaruh terhadap model. Biasanya digunakan jika kita melakukan presentasi 3D.
Sandbox
Tool untuk memudahkan membuat organic model
7. WINDOW
Pada tab window ini akan menampilkan menu tambahan sesuai kebutuhan, akan ditampilkan dalam kotak kecil. Jika pada gambar dibawah, bisa dilihat seperti Layer, Material, Scene, dan Entity Info
Model Info
Pengaturan dari model sketchup, mulai dari animation, component, dimensi, statistik, jenis text, unit, merubah satuan dimensi, dll
Entity Info
Melihat info dari model yang telah dibuat, mulai dari luas, volume, panjang, dll
Material
Window untuk pengaturan material.
Component
Menampilkan info dari component yang ada. Akan langsung dikoneksikan dengan 3D warehouse
Style
Merubah style tampilan modeling
Layer
menampilkan info/nama layer yang telah dibuat
Outliner
Tampilan semua model yang pernah dibuat
Scene
Window untuk menambahkan dan menghapus scene
Shadow
Untuk menampilkan pengaturan pencahayaan real time
Fog
Pengaturan fog / akan ada efek kabut jika diaktifkan
Match Photo
Window jika kita ingin duplikasi suatu model dari foto tertentu
Soften Edges
Pengaturan smooth pada model
Instructor
Menu bantuan modeling dari sketch up
Preferences
Pengaturan umum, mulai workspace, template, dan pembuatan shortcut baru
Hide Dialog
Menghilangkan semua window yang ditampilkan
Ruby Console
Pengaturan plugin Ruby
LibFreedo Setting
Pengaturan plugin Libfreedo
Component Options
Menampilkan pengaturan dan info untuk component yang diseleksi
Component Atribut
Menampilkan atribut-atribut component yang diseleksi
Photo Texture
Akan langsung disambungkan ke 3D warehouse
8. EXTENSIONS/PLUGINS
Tab plugin ini befungsi untuk menampilkan semua plugin yang telah dimasukkan. Misalnya vray, make fur, Artisan, dll. Tab ini hanya akan menampilkan plugin yang sudah terinstal. Jadi jika ingin memiliki plugin-plugin tertentu harus download terlebih dahulu. Setelah terinstal, maka plugin akan muncul.
9. HELP
Menampilkan menu bantuan sketchup pada umumnya. License bisa juga dilihat dari tab ini.
Itulah pengenalan tab-tab dari menu awal sketchup, mungkin penjelasan fungsi tidak bisa dijelaskan detail untuk bagian-bagian tertentu. Oleh karena itu, pada bagian-bagian yang diperlukan, akan diperjelas lagi dengan tutorial yang lain.
Tetap Semangat Belajar dan Berkarya
No comments:
Post a Comment